6 Teknik Jitu SEO Marketplace

Bagaimana cara SEO toko online Marketplace

Bagaiamana cara agar toko kita menjadi top search dan muncul di halaman pertama di marketplace?

Nah pertanyaan seperti ini, tetunya berkaitan dengan teknik SEO Marketplace, yang sering membingungkan para dropshipper.

Saya sendiri yang mengambil model bisnis dropship, selalu mencari tau ilmu tersebut untuk terus meningkatkan penjualan.

Oke, kali ini saya akan membagikan tips teknik SEO markelplace yang telah saya pelajari dan praktekan.

1. Kita perlu memahami algoritma disetiap marketplace, misalnya di tokopedia, setiap kali kita menguplaod, editing, dan reupload maka otomatis produk kita akan menjadi top search dan berada di halaman utama sesuai kata kunci. Atau dengan mengunakan fitur promo per jam dan gold merchant.

Dan jika kita mnegunakan Bukalapak maka dengan fitur pushnya.

2. Algoritma pada shopee, bila review/penilaian/exposure tinggi atau banyak maka otomatis akan naik. Dan bisa juga mengunakan fitur promo tokoku dengan memberi promo diskon dan mengunakan fitur naikkan produk.

Kesempatan untuk mengunakan fitur menaikkan produk, shoppe memberikan  batas 5 produk setiap 4 jam sekali dan ini Gratis. jika punya modal banyak gunakan yang berbayar ya agar lebih nendang.

Tips nya jika ingin yang berbayar/beriklan di shopee, sebaiknya tentukan dulu tujuannya ya.

Apakah mau exposure/menimbulkan impresi? Kalau saya lebih paham jika menyebutnya ini seperti branding.
Jika pakai berbayar maka nge bid nya harus optimal supaya tampil di halaman utama, tentunya ini otomatis menimbulkan impresi.

Terkadang orang memutuskan untuk beli tidak harus pada saat itu juga. Tapi tak perlu nyesel karena efeknya toko kita akan terlihat bonafid.

Berbeda jika tujuan kita untuk meningkatkan penjualan, maka kita harus menambah dengan promo harga diskon.

Dan yang perlu di pertimbangakan adalah pemilihan kata kunci yang disarankan dan harga iklan yang ditentukan oleh shopee. Tentunya jika kita memilih kata kunci yang semakin populer maka harga bid nya juga semakin mahal, dan sebaliknya.

4. Lazada jika produk kita nonggol di halaman utama itu bukan jaminan, tergantung tingkat kompetisinya. Jika kompetisi berdarah-darah maka harus mengunakan penawaran yang "WOW" dan mengunakan harga promo diskon yang "WAH".

Jika kita menjual produk dengan harga murah di bawah pasaran maka produk itu akan berpotensi ditawarkan ke flash sale lazada. Otomatis tingkat popularitas salah satu produk akan menjadi pendorong trafik/pengunjung. Alias kita mengorbankan salah satu produk untuk mendongkrak penjualan produk lainya.

5. Jika di lihat secara mendetail, senenarnya tidak ada ilmu pasti untuk menjadikan produk muncul di page one/top search. Karena yang paling tepat/relevan itu yang akan muncul, supaya relevan itu butuh history penjualan yang baik dan reviews yang bagus.

Jika produk kita bisa mendongkrak trafik dari kata kunci judul dan hastagh atau harga murah yang "WAH', itu tidak buruk karena gratis dan tanpa ngiklan.

Bisa juga dengan menulis penawaran di deskripsi produk dengan memberikan garansi, jaminan, atau bonus. Dan yang paling makyus yakni dengan mengajak menjadi member khusus untuk diajak menjadi dropship dan reseller kita.

Menjadikan calon itu menjadi pasukan jualan kita, tentunya kita juga harus memberikan pelatihan bisnis secara rutin.

6. Tips dan Trik Teknik SEO Marketplace

• Sisipan Awal = Di Jual, Jual, Promo, Unik
* Sisipan Akhir = Murah, Diskon, Limited, Berkualitas, Premium, Ori, Original, Best Seller

Contoh Judul : Dijual Tas Branded Oringinal Berkualotas, dll

Modifikasi dan kembangkan sisipan kata tersebut sesuai barang yang kita jual ya.

Oke, begitulah tips dan trik teknik SEO marketplace yang harus kamu praktekan. Selamat Pratek !

21.57 - tanpa komentar