7 Cara Gratisan Meningkatkan Trafik atau Visitor Blog

Cara meningkatkan Trafik Blog secara gratis

Meningkatnya trafik blog/pengunjung di blog, tentunya ini hal yang selalu di upayakan setiap blogger atau internet marketer. Karena dengan trafik yang banyak dapat menjadikan blog bisa di posisi terbaik mesin pencari, secara otomatis ini dapat menguntungkan Website dan bisnis kita.

Trafik yang meningkat, otomatis juga bisa meningkatkan reputasi blog kita. Jika trafik banyak tentunya mendapatkan klik iklan google adsense  lebih banyak lagi, ini akan berpengaruh pada penghasilan yang semakin tinggi.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kita. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke situs kita bisa kita lakukan secara gratis, tapi ada juga sumber trafik yang memang butuh modal. Strategi seperti apa yang paling cocok untuk blog/ website Anda?

Untuk menigkatkan trafik blog, tidak semudah membalikan telapak tangan. Anda harus selalu aktif dalam mengelolanya agar blog anda tetap berada dalam statistik terbaik. Jika Anda tidak aktif maka lambat laun traffik blog anda juga akan menurun

Tapi sekarang ini tidak semua trafik itu murni, karena sekarang banyak terkena jigling. Dan kali ini saya akan membagikan cara meningkatkan trafik blog yang aman dan mudah untuk diterapkan untuk para blogger atau internet marketer.

1. Melakukan aktifitas Blog Walking

Melakukan aktifitas blogwalking sangat  ampuh maneingkatkan trafik blog. para blogger sering menyebutnya "BW", yang kepanjangannya Blogwalking. Cara ini sangat mudah yakni saling meninggalkan komentar pada artikel yang dibahas,

Aturannya Anda tidak boleh berkomentar yang berujung spam yaitu menempatkan link blig aktif di kolom komentar, kecuaki pemilik blog memberikan izin. Dan dianjurakan berikan komentar sesuai dengan topik yang dibahas.

Anda bisa membuat BW ini, di forum media sosial para blogger. Disana Anda juga akan menjumpai blogger lain membahas BW untuk blog mereka.

2. Promosikan Link Blog di Media Sosial

Anda perlu aktif mensosialisasikan konten untuk membuat orang-orang membacanya. Misalnya disini sosial medianya yakni facebook. Saat ini facebook memiliki banyak sekali penggunanya, otomatis kita akan mendapat trafik banyak juga.

Caranya mudah sekali, Anda hanya mencari grub yang memiliki anggota terbanyak, lalu buatlah postingan yang bermanfaat dan jangan lupa sisipkan link blog Anda dalam postingan.

Bayangkan jika grub tersebut terdapat 50.000 anggota yang aktif, kemudian hanya 98 hingga 199 orang saja yang meng klik link blog Anda, tentunya trafik dapat meningkat dengan drastis.

Perlu diingat untuk tidak melakukan spamming di media sosial. Jika memungkinkan, susun jadwal untuk membagi post Anda ke situs-situs media sosial. Anda juga harus mengatur strategi media sosial. 

3. Rutin menerbitkan konten yang berkualitas dan bermanfaat

Rutin menerbitkan konten adalah salah satu langkah untuk menjamin bahwa website Anda selalu up-to-date. Menulis secara rutin bukanlah hal yang mudah sehingga banyak bloggers dan pemilik website yang tidak konsisten dalam menerbitkan konten baru.

Hal ini menyebabkan fluktuasi di domain authority mereka. Traffic website akan meningkat jika Anda rutin menerbitkan konten. 

Perhatikan juga bahwa Anda membuat konten yang berkualitas. jika blog kaya akan manfaat maka sangat disukai mesin pencari, termasuk juga pengunjung blog Anda. Dengan cara ini search engine bisa saja menempatkan blog anda di posisi terbaik dan pastinya trafik juga akan meningkat dengan cepat.

Selain itu Rutin menulis dan menerbitkan konten juga membantu meningkatkan page rank website Anda. Anda juga akan memiliki banyak konten untuk interlinking. Pada dasarnya, semakin rutin Anda menulis dan menerbitkan konten baru, website Anda akan menerima lebih banyak traffic website.

Jika Anda masih bertanya seberapa sering saya harus menerbitkan konten di blog? Jawabannya adalah teruslah menerbitkan konten baru secara rutin.

Sederhananya, Anda bisa konsisten untuk menulis 2 artikel yang mengandung 1200+ Kata-kata dalam satu hari. Mungkin tidak mudah untuk memiliki 1200+ kata-kata pada tiap artikel. Tetapi jika Anda mempunyai banyak ide dan pengetahuan yang Anda mampu menulisnya, ini mudah dilakukan.

4. Melalui situs forum

Beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. 

Salah satunya bisa mengunakan Yahoo juga. Sekilas Yahoo merupakan situs yang termasuk juga dalam situs search engine, yang sering digunakan untuk pesan pribadi melalui Email, tetapi di situs ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan trafik blog dengan mudah.

"Bagaimana caranya ?"
Anda bisa mengambil caranya menggunakan Yahoo Answer, Anda bisa bertanya apa yang ingin diajukan dan jangan lupa untuk menaruh link blog Anda dibawah pertanyaan tersebut.

Memanfaatkan cara ini hampir sama dengan Facebook, namun dengan bantuan yahoo answer mempunyai banyak kelebihan terutama dapat dilihat oleh semua orang dari pertanyaan yang Anda ajukan, dan yang kedua pertanyaan Anda selalu disetujui karena hal ini sudah bersifat publik atau sebagai kepentingan umum. Bedanya lagi dengan facebook tidak semua kiriman yang dapat disetujui.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, bacalah rules dalam forum tersebut sebelum bertindak lebih jauh.

5. Guest Posting di Blog Lain

Guest-blogging merupakan cara memberikan artikel atau konten di blog orang lain, ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/konten dan memasang link di blog mereka.

Tentunya artikel/konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel.

Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

6. Submit Blog di Situs Bookmark

Situs bookmark sering dimanfaatkan oleh kalangan blogger sekarang ini, karena situs sosial bookmark memiliki banyak pengguna terutama dari mancanegara, sebab di situs tersebut bisa membahas di segala hal seperti membahas tentang berita harian, olahraga, fashion, Bisnis online, dan lain-lain.

Jadi anda jangan heran kalau trafik meningkat dengan mudah, karena situs bookmark seperti ini sangat cepat mengindex artikel blog anda yang sudah di submit. Contoh dari situs bookmarking terkenal diig. com, lintas. me, infogue. com, melintas. net, dmoz, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memilih topik apa yang ingin di promosikan atau di submit, bisa dengan mengisi deskripsi blog minimal tulislah 150 kata, supaya pembaca yakin bahwa kiriman Anda Benar-benar real, setelah itu jangan lupa untuk memasukan link blog Anda dibawah kiriman yang hendak ditulis.Dengan melakukan teknik submit seperti ini dapat meningkatkan trafik dari hasil original.

7. Membuat Backlink untuk Blog

Baclink dengan kata lain Anda dapat saling tukar link (exchange) antara blog satu dengan yang lainnya. Backlink sering dianggap oleh pakar SEO sebagai vitamin utama di blog, maksud dari kata vitamin ini yaitu sangat berdampak baik sekali pada blog anda jika di bangun, terutama bila ingin meningkatkan trafik blog.

Dengan sistem backlink juga dapat meningkatkan kualitas blog Anda di search engine, yang awalnya menduduki posisi terbawah dan sekarang dapat menduduki posisi terbaik di mesin pencari menurut Anda, itu pun harus berkualitas.

"Lalu bagaimana caranya meningkatkan trafik blog hanya dengan backlink ?"
Anda bisa memilih menggunakan backlink dofollow atau nofollow, sistem kerjanya pun mudah anda bisa mencari backlink di situs media sosial, dan sosial bookmark yang memiliki page rank tertinggi.

Dengan meletakan link tersebut trafik Anda dapat meningkat sangat pesat sebab link blog anda sudah berada di Situs-situs tertentu.

Sekian, Beberapa cara membuat visitor blog Anda meningkat dengan hanya menggunakan cara Gratisan. Meski Gratsian ini cukup powerfull menjadikan blog bisa rame pengunjung. Selamat Praktek!

20.04 - tanpa komentar