8 Teknik SEO Website 2018 sebelum membangun Website

Cara optimasi SEO website

Tidak ada keraguan lagi bahwa dengan mengoptimalkan mesin pencari maka akan memberikan dampak yaitu perusahaan akan semakin terlihat dan dikenal oleh konsumen atau pelanggan potensial. Jika perusahaan Anda adalah di bidang bisnis online maka SEO ini harus benar-benar di perhatikan untuk meningkatkan trafik dan pengunjung ke situs Anda.

Sebagian besar bisnis sudah tahu bahwa optimasi mesin pencari sangat dibutuhkan karena memang dampaknya sangat besar dan memang SEO adalah keharusan jika ingin perusahaan Anda menjadi sukses.

Coba perhatikan ada 54.907 penelusuran per detik di Google saja dan juga ada sekitar 5 miliar penelusuran per hari di Google.Kemungkinan besar jika Anda bisa memaksimlakan situs Anda bukan tidak mungkin ribuan pencarian ini tepat akan mengarah ke situs Anda dan mereka akan lebih mengenal untuk hal-hal yang Anda tawarkan.

Pada dasanya pengertian SEO (search engine optimization) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang webmaster untuk memaksimalkan trafik yang akan mengarah pada website yang dikelola, selain itu juga untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website tersebut menjadi lebih baik di mesin pencari, khususnya Google.

Jika situs Anda tidak dapat ditemukan di Google, pada dasarnya memang mesin pencari tidak bisa menemukan situs Anda. Oleh karenanya dengan memaksimalkan Teknik SEO ini dapat membuat website Anda ditemukan di Google supaya meningkatkan trafik dan mendapatkan pelanggan baru melalui Internet.

Karena setiap tahunya selalu berubah dan memang SEO ini sifatnya dinamis yang selalu berubah juga dari segi teknik dan caranya. Lalu apa saja yang akan bisa membuat website/blog kita nongkrong di halaman pertama google di berikut ulasanya.

1. Domain LTD

Jika Anda ingin memiliki website yang profesional maka penting untuk menggunakan domain yang TLD misalnya menggunakan extensi domain .co.id / .com /.co /.org /.net.

Nah untuk lebis spesifik menggunakan domain dengan ekstensi negara tertentu juga sangat berpengaruh karena akan lebih mudah mesin pencari untuk menargetkan pengunjungnya, misalnya .co.id, .us, .it, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membantu meningkatkan ranking website tersebut di negara tertentu, namun demikian Anda menggunakan bahasa konten seperti inggris maka dengan menggunakan domain .co.id pasti akan menurunkan visibelitas website Anda dan akan membatasi kemampuan website tersebut untuk ranking secara global.

2. Keyword dalam Domain

Keyword/kata kunci merupakan bagian penting pada sebuh website karena memang mesin pencari akan merayapi seluruh konten dan menilainya dari kepadatan kata kunci yang dimiliki oleh website tersebut.

Nah hal ini juga bisa berpengaruh pada mesin pencari yang akan memberikan sinyal SEO namun harus diimbangi pembahasan topik konten secara relevan agar saling keterkaian.

Menurut survey tahun 2013, menggunakan keyword dalam nama domain menyumbang 6,98% di peringkat google. Pemberian nama domain yang tepat akan menambah keyakinan pengunjung akan kesahihan dan keseriusan sebuah website.

Menyertakan keyword dalam nama domain, tujuannya untuk mengoptimalkan proses SEO (Search Engine Optimization), sehingga situs toko online kamu bisa tampil di posisi atas hasil pencarian.

Selain itu juga perlu untuk membuat agar mudah di ingat oleh pengunjung biasanya pengunjung akan kembali ke situs tersebut jika mereka mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk mereka.

3. Keyword Dalam Kata Pertama Nama Domain

Dalam memaksimalkan kata kunci pada domain ini perlu memperhatikan peletakannya agar saat mesin pencari merayapi situs akan lebih mudah untuk menentukan niche apa yang ada pada website tersebut.

Sebagai contoh: Anda ingin membuat website tentang jasa SEO, maka hal yang harus dilakukan adalah memilih nama domain yang sesuai dengan topik atau niche website-nya, misalnya nama domain yang bagus untuk SEO adalah : seonya com, seoku com dan lain sebagainya, coba perhatikan ada kata kuci di depan atau awal nama domain tersebut. 

4. Keyword pada Sub-Domain 

Berdasarkan Moz panel, kata kunci yang terdapat pada subdomain akan berpengaruh pada SEO sebuah website, jika anda ingin membuat website tambahan maka buatlah sub-domain dengan memasukan keywords didalamnya. 

5. Umur Domain

Umur domain merupakan salah satu yeng akan berpengaruh pada website Anda karena jika semakin lama umur yang dimiliki maka semakin baik juga untuk SEO. Biasanya jika sudah memiliki umur satu tahun atau lebih maka website tersebut akan memiliki kemapanan di mesin pencari.

Apalagi jika sudah memiliki peringkat maka sulit untuk menggeser peringkat yang didapat website tersebut. Coba lihat kebanyakan website-website yang sudah mapan mereka juga memiliki umur yang cukup lama juga.

6. Keywords pada Judul

Sebagai pengunjung kebanyakan mereka akan mecari informasi di hasil pencarian Google dengan melihat judulnya, jadi menempatkan kata kunci di awal kalimat biasanya akan berpengaruh pada SEO. Selain itu mesin pencari akan menilai bahwa judul Anda relevan denga apa yang di cari oleh pengunjung. 

7. Keywords di meta Description & konten

Meta Description & konten akan memberikan nilai tersendiri karena memang konten adalah bagian terpenting dari sebuah website semakin berkualitas konten maka semakin banyak visitor yang akan datang ke situs tersebut.

Dalam peletakan keyword tentu harus memperhatikan pedoman dan kaidahnya karena jika salah maka bukan tidak mungkin artikel tersebut tidak akan tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Untuk meta description adalah ringkasan yang mewakili seluruh isi artikel yang Anda buat jadi kepadatan kata kunci harus diterapkan. Namun demikian untuk peletakannya tidak boleh berlebihan dalam satu paragraf.

Pastikan kata kunci dan bahasa Anda di situs Anda menargetkan orang-orang yang tertarik dengan apa yang ditawarkan situs web Anda. Menargetkan kata kunci yang tepat sangat penting jika Anda tidak ingin membuang waktu dan uang.

8. Theme Website

Desain yang mobile friendly dan responsive. Tidak mengandung duplikat konten, kecepatan Loading pada saat diakses pengguna. 

Sebagian besar para pencari informasi saat ini menggunakan perangkat mobile jadi untuk memaksimalkan nya harus memperhatikan apakah website tersebut responsive terhadap perangkat ponsel.

Hal ini juga akan bepengaruh pada segi SEO karena memang sumber pencari data dan informasi mengakses menggunakan ponsel/smartphone.

Selain 8 faktor seo diatas, ada tambahan yang bisa anda terapkan supaya hasil seo lebih maximal :

Selain itu, penting agar situs web Anda terdaftar di halaman hasil pertama. Rata-rata, hasil teratas mendapatkan 43,54% dari semua pengunjung yang mencari kata kunci tersebut. Jika situs web Anda tercantum pada halaman hasil 2, kebanyakan orang tidak akan melihatnya.

Proses pengoptimalan halaman Anda sehingga bisa ditemukan di halaman hasil pencarian pertama disebut 'search engine optimization' (SEO). Jika situs web Anda tercantum untuk kata kunci yang tepat, Anda akan mendapatkan banyak pelanggan baru.

"Kualitas konten": harus informatif dan unik dimana konten adalah raja sehingga dalam optimasi seo wajib membuat sebuah konten yang sangat bermanfaat untuk pembaca – pengunjung, tujuan dalam menulis konten bukan semata-mata untuk SEO namun lebih di tujukan kepada pembaca, sehingga mudah dibaca, dimengerti dan memberikan kesan baik di hati.

Ada beberapa faktor yang akan menunjang website Anda:
  • Optimization of Images, memberikan alt text gambar
  • Keywords in H2 and H3 Tags
  • Outbound Link Quality , membuat link keluar untuk rujukan / referensi
  • Backlink berkualitas dan relevan, buatlah 1 akun sosial media : Facebook / Twitter / Google +, fungsi sosmed disini untuk berbagi informasi kepada pembaca secara langsung.
  • Internal Links dalam konten
  • Hapus dan perbaiki Broken Links
  • SSL Certificate domain untuk kemanan situs
  • Menambahkan media tambahan : youtube
  • Buat form Reviews and Feedback [Opsional] jika konten merupakan produk
  • Daftarkan pada Google Analytics and Webmaster Tools. [wajib].

Untuk mendapatkan rangking 10 besar dihalaman pencarian Google tidak semudah yang dibayangkan namun tidak sulit jika mengerti cara & teknik nya.

Dari ulasan diatas jika Anda sudah menerapkanya saya rasa sangat mungkin untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian Google. Karena memang SEO itu selalu berkembang maka kita harus mengikuti perkembangan tersebut.

Bayangkan ribuan konten segar setiap hari bermunculan dengan memaksimalkan teknik SEO mereka sendiri, mekipun kita sudah berupaya memaksimalkan konten kita bukan berarti kita bisa mendapatkan peringkat satu di mesin pencari, karena memang persaingan sangat ketat di dunia internet ini.

Oleh karena itu kita sebagai webmaster harus percaya diri untuk bisa bersaing dengan mereka walaupun kita hanya pemula saya yakin seiring berjalannya waktu kita bisa bersaing dengan mereka yang sudah profesional.

Sekian pembahasan kali ini tentang Teknik SEO dalam membangun Blog. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain, Silahkan berkomentar di bawah ini. Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

17.39 - tanpa komentar