10 Manfaat Cerita Untuk Anak Yang Belum Anda Tahu

10 Manfaat Dongeng untuk Anak yang Belum Anda Tahu - Seberapa sering Anda membacakan dongeng kepada anak-anak? Jawabannya, mungkin jarang atau tidak pernah sama sekali. Saat ini, seni bercertia tampaknya sudah mulai ditinggalkan, bawah umur lebih kecanduan gadget dibandingkan mendengar dongeng sebelum tidur.

Bercerita berperan penting dalam mengembangkan kepribadian anak Anda secara keseluruhan. Mendongeng ini ialah tradisi semenjak dahulu kala yang diwariskan secara bebuyutan dan masih menjadi bab ketika kita kecil. Entahlah pada zaman sekarang.

 Manfaat Dongeng untuk Anak yang Belum Anda Tahu  10 Manfaat Dongeng untuk Anak yang Belum Anda Tahu

Apa itu Mendongeng?

Orangtua ketika ini merasa lebih gampang untuk menidurkan bawah umur mereka sesudah menonton kartun favorit, daripada meringkuk di tempat tidur dan membacakan cerita. Apa yang menjadi kesenangan sederhana pada masa kanak-kanak telah menempel pada kita, penting bagi Anda meluangkan waktu setiap malam untuk membacakan kepada bawah umur juga.

Mendongeng sesungguhnya hanya membaca kisah dari sebuah buku dan dibumbui intonasi serta gaya yang ekspresif. Jika Anda kehabisan materi cerita, Anda sanggup membuatkan pengalaman dari masa lalu, berbicara ihwal masa kecil Anda sendiri, atau bahkan membacakan dongeng dari ponsel Anda. Ada banyak sekali manfaat dongeng untuk anak-anak, terutama bagi bawah umur prasekolah, taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

10 Manfaat Dongeng Untuk Anak-Anak

Berikut ialah 10 manfaat dongeng untuk bawah umur yang tidak sanggup Anda lewatkan sebagai orang tua:

1. Menanamkan Kebajikan pada Anak

Anak-anak di seluruh dunia suka mendengarkan cerita. Mereka ingin tahu lebih banyak ihwal abjad favorit mereka dan sering mencoba untuk menjiplak mereka. Dengan menceritakan kisah-kisah kebajikan, secara tidak pribadi Anda menanamkan pesan yang bermakna kepada anak, pesan menyerupai kebijaksanaan, keberanian, kejujuran, dll. Sejak usia dini kepada si kecil.

2. Mengenalkan Budaya pada Anak

Dengan menceritakan ihwal banyak sekali aktivitas dan tradisi pada masa lalu, Anda akan membuat mereka lebih erat ihwal kebiasaan atau tradisi yang berbeda dalam keluarga. Hal ini sekaligus sanggup mengenalkan banyak sekali budaya kawasan kepada anak Anda. Dimana hal itu amat positif, mengingat pada zaman kini bawah umur lebih suka budaya luar ketimbang budaya orisinil bangsanya sendiri.

3. Meningkatkan Keahlian Verbal

Membacakan dongeng untuk bawah umur membantu dalam membuat mereka mengenal bahasa serta kata-kata dan frasa baru. Ini ialah cara yang cantik mengajari anak Anda kata-kata dan pelafalan gres secara teratur.

4. Meningkatkan Keterampilan Menyimak

Sebagian besar bawah umur biasanya mempunyai perhatian yang kurang dan merasa sulit berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu lama. Pada karenanya mereka lebih suka berbicara, daripada mendengarkan. Mendongeng untuk bawah umur memastikan bahwa mereka tidak hanya lebih perhatian, tetapi juga melatih mereka untuk mencar ilmu mendengarkan dan mengerti.

5. Mendorong Kreativitas dan Daya Imajinasi

Mendengarkan dongeng membantu seorang anak membayangkan karakter, tempat, plot, dll. Daripada melihatnya di media visual. Hal ini juga akan meningkatkan kreativitas, membuat mereka lebih imajinatif dan mengembangkan pandangan gres baru.

6. Meningkatkan Memori

Dengan membacakan dongeng, Anda sanggup membantu meningkatkan memori anak. Setelah membacakan ceritanya, Anda sanggup memintanya untuk menceritakan ulang dongeng yang sama sesudah beberapa hari. Sebagai alternatif, Anda sanggup memintanya untuk menceritakan ringkasannya saja. Ini ialah cara menyenangkan untuk meningkatkan ingatannya dan melatih konsentrasinya.

7. Memperluas Wawasan

Anak-anak awalnya tidak pernah tau budaya yang beraneka ragam dari banyak sekali negara, melalui aktivitas mendongeng, Anda sanggup membuatnya familiar ihwal banyak sekali tempat dan budaya di seluruh dunia. Dengan menceritakan ihwal banyak sekali ragam kebudayaan dunia, tentu wawasan anak menjadi bertambah.

8. Membantu Pelajaran Sekolah

Manfaat dongeng selanjutnya ialah sanggup membantu pelajaran di sekolah. Terkadang anak sulit sekali untuk mendapatkan pelajaran di sekolahnya, alasannya memang materinya terlalu membosankan bagi mereka. Dengan membacakan buka pelajaran sebagai dongeng mereka sebelum tidur, ini sanggup menjadi alternatif supaya anak sanggup menyerap materi pelajaran tersebut, tentunya dengan cara dan gaya bercerita menyerupai mendongeng. Anak akan lebih tertarik akan hal tersebut.

9. Komunikasi Menjadi Lebih Baik

Terkadang, anak ragu-ragu untuk mengajukan pertanyaan, meskipun pikiran mereka dipenuhi rasa ingin tahu. Bercerita membantu bawah umur dalam mempelajari seni mengajukan pertanyaan dengan tepat. Ini juga memberitahu mereka cara melaksanakan percakapan yang tepat dan membuat mereka lebih percaya diri. Membaca dan mendengarkan secara teratur sanggup membuat mereka menjadi orator yang lebih baik juga.

10. Membantu Anak Siap untuk Menghadapi Berbagai Situasi

Situasi sulit selalu berakhir dengan membuat bawah umur merasa bingung. Cerita ihwal banyak sekali abjad yang menghadapi situasi sulit, sanggup membantu mereka memahami konsep ini dengan lebih baik. Cobalah ceritakan kisah-kisah yang mengajarkan bawah umur bahwa rasa sakit atau penderitaan ialah bab dari kehidupan, menyerupai halnya saat-saat senang dan menyenangkan. Dongeng yang tepat sanggup membantu anak Anda menjadi siap untuk menghadapi kehidupan dan banyak sekali situasi.

Cara Mendongeng yang Menarik

Agar membuat anak lebih tertarik, dibutuhkan teknik khusus supaya membuat dongeng dalam dongeng tersebut menjadi lebih hidup. Beberapa poin di bawah ini akan membantu Anda memahami teknik-teknik tepat, serta akan menimbulkan Anda pendongeng yang baik:

1. Panjang Cerita

Sebuah dongeng dihentikan terlalu pendek atau terlalu panjang. Sebuah dongeng pendek mungkin tidak sanggup memberikan pesan secara benar dan lengkap, sementara dongeng yang panjang akan menjadi membosankan serta tidak menarik. Intinya, tetaplah membuat anak tertarik dengan dongeng kita. Jika memang dongeng tersebut panjang, buatlah dongeng secara parsial, supaya anak ingin tau dan menunggu dongeng Anda selanjutnya.

2. Kondisi Nyaman

Pilih ruangan yang nyaman untuk membacakan cerita. Tempat akan membuat suasana hati yang baik dan suasana tepat untuk mendongeng.

3. Ekspresi yang Tepat

Saat menceritakan sebuah kisah, pastikan untuk memakai gerakan tangan serta lisan wajah yang tepat. Anda juga sanggup membuat bunyi berbeda atau meminta anak untuk ikut melakukannya. Hal ini akan membuat dongeng menjadi lebih menarik dan  interaktif.

4. Tekanan Suara yang Tepat

Pastikan Anda berbicara dengan bunyi terang dan dengan kecepatan lambat. Suara Anda harus sanggup menggambarkan emosi dengan tepat menyerupai disebutkan dalam cerita. Variasikan bunyi dan nada sesuai dengan kebutuhan cerita, jangan lupa gunakan jeda di tempat yang tepat.

5. Libatkan Mereka

Cobalah untuk melibatkan bawah umur Anda dengan memakai banyak sekali frasa atau dengan mengajukan pertanyaan menyerupai 'Tahukah Anda?'. Selain itu, Anda juga sanggup meminta mereka mencari tahu pesan apa yang disampaikan dalam cerita, sehingga membuat mereka lebih terlibat dan sanggup mengambil kesimpulan.

Baca Juga: Manfaat Origami Bagi Anak

Itulah beberapa manfaat dongeng yang perlu orang bau tanah ketahui. Dengan banyak sekali macam efek konkret terhadap anak, haruskah kebiasaan baik ini kita tinggalkan?

03.36 - tanpa komentar