7 Aplikasi Untuk Blogging Di Android (Blogger Wajib Install)

Aplikasi untuk Blogging di Android - Sekarang sudah eranya mobile, jadi acara blogging tidak melulu lewat laptop atau PC. Bahkan Anda dapat menciptakan blog hanya lewat android,  dengan memakai kemudahan browsing melalui android, ibarat chrome, opera dan lainnya.

 jadi acara blogging tidak melulu lewat laptop atau PC 7 Aplikasi untuk Blogging di Android (Blogger Wajib Install)

Walaupun ngeblog di Android tidak senyaman di PC atau laptop, cuma kalau Anda punya ilham yang tiba tiba-tiba dan Anda sedang tidak on PC, maka update di Android ialah cara yang paling tepat.

Saya sendiri selalu memakai aplikasi-aplikasi tertentu untuk melaksanakan acara yang berafiliasi dengan blogging, ibarat menulis kerangka konten atau artikel, cek visitor dan cek earning adSense dan beberapa acara lain. Karena waktu Saya tidak 24 jam hanya di depan komputer, namun ilham dapat tiba kapanpun, jadi sayang kalau tidak pribadi ditulis.

Daftar Aplikasi Untuk Blogging di Android

Kali ini Saya akan membahas mengenai apa saja aplikasi untuk blogging di android yang bermanfaat. Semua aplikasi ini masih Saya pakai hingga artikel ini terbit. Berikut daftarnya:

1. Browser Chrome

Kalau Anda ingin lancar blogging di android, aplikasi untuk blogging ini wajib Anda install. Biasanya setiap smartphone sudah dilengkapi kemudahan browsing. Cuma Saya selalu memakai Chrome untuk nge-browsing, alasannya alasannya ringan dan simpel untuk memakai kemudahan Google. Browser ini dapat dikaitkan dengan akun Google Anda, jadi Anda tak perlu lagi repot-repot login ke aneka macam macam situs yang memakai akun Google atau Gmail sebagai username nya.

Sebenarnya, semua kemudahan blogging dapat Anda lakukan dengan hanya bermodalkan browser saja, namun aplikasi juga memudahkan kita untuk mengakses sesuatu, alasannya lebih cepat dan memang di desain khusus untuk android. Dan lagi tak terlalu banyak makan kuota.

2. Notepad

Aplikasi untuk blogging selanjutnya ialah notepad. Saya biasa menulis melalui aplikasi ini. Selain notepad, dapat juga memakai memo bawaan smartphone, namun kelemahannya jumlah teksnya terbatas. Kalau notepad jumlah teks juga dibatasi, cuma beliau lebih banyak menampung teks ketimbang memo.

Selain itu, manfaat notepad lainnya ialah untuk menyimpan kode-kode ataupun teks hasil browsing yang dirasa penting. Jika ingin kemudahan menulis yang lebih lengkap, Anda dapat memakai microsoft word versi android, cuma memang aplikasi tersebut rada berat.

3. Sinium SEO

Seperti namanya, aplikasi ini berkhasiat untuk kebutuhan SEO. Cuma jangan salah kaprah, Sinium bukan untuk menciptakan website makin SEO friendly, tetapi aplikasi multifungsi ini gunanya untuk mengecek segala sesuatu yang berafiliasi dengan acara SEO.

Fitur yang ditawarkan ibarat SEO report card, ini untuk menganalisa skor SEO keseluruhan web kita. Selain itu Anda dapat cek alexa rank, Moz rank, cek brokenlink dan masih banyak tools yang sangat bermanfaat lainnya. Aplikasi ini dapat dibilang tools SEO yang all in one. Sekali lagi, ini bukan untuk menciptakan blog kita lebih SEO friendly, namun berkhasiat untuk menganalisa website kita, perihal apa yang harus diperbaiki atau yang harus ditambah kurangi. Rasanya rugi kalau gak install aplikasi untuk blogging yang satu ini!

4. Google Analytic

Aplikasi untuk blogging selanjutnya ialah Google Analytic. Sebelum install aplikasi ini, Anda wajib sudah mengaitkan atau mendaftarkan blog ke Google Analytic.

Manfaat aplikasi ini ialah untuk menganalisa jumlah visitor yang masuk, sama ibarat GA (Google Analytic) versi desktop. Selain GA, salah satu website counter visitor ialah Histats.

Kenapa lebih menentukan GA daripada histats?

Sebenarnya itu pilihan saja. Cuma alasan Saya lebih menentukan GA ialah hasil analisanya jauh lebih komplit dan lebih akurat daripada histats. Histats sih sepakat juga, simpel dibaca dan dimengerti, tidak ibarat GA yang agak rumit. Mungkin alasannya terlalu banyak fiturnya.

5. Google AdSense

Kalau ingin install aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai publisher AdSense. Kalau mau daftar AdSense, baca: Cara daftar AdSense.

Kegunaan aplikasi ini ialah untuk cek earning dan analisis performa akun AdSense kita. Aplikasi ini ringkas dan berdasarkan Saya lebih yummy cek AdSense melalui aplikasi daripada lewat browser. Namun kelemahannya ada beberapa fitur yang tidak dapat dilakukan melalui aplikasi ini, ibarat blok iklan dan buat isyarat iklan baru.

Aplikasi ini Saya khususkan untuk cek earning dan lihat berapa CPC dan CTR saja.

6. HTML Editor

Untuk yang suka otak-atik isyarat html, aplikasi untuk blogging ini cocok buat Anda. Kalau Anda memakai platform blogger, Anda tidak dapat edit html pribadi pada hidangan edit template blogger. Oleh alasannya itu, Anda harus memakai aplikasi ini.

Kalau ingin edit template lewat html pada blogger, Anda harus backup template dulu, kemudian masuk aplikasi ini dan open file template (xml) tadi yang sudah kita donlot.

Aplikasi ini sendiri Saya gunakan kalau kepepet banget dan lagi gak depan PC. Saya sarankan kalau ingin edit template sebisa mungkin di PC saja.

7. Aplikasi Photo Editor

Aplikasi edit foto ini berkhasiat untuk edit atau resize gambar. Kenapa harus di resize? Gunanya jikalau dimasukkan dalam postingan, file gambar jadi tidak terlalu besar. Semakin besar file gambar, semakin lemot blog Anda. Hal tersebut dapat bikin visitor Anda kabur...

Anda bebas memakai aplikasi photo editor yang mana saja. Yang penting Anda dapat crop, resize gambar dan menambahkan teks. Itu saja sudah cukup.
Semua aplikasi yang dijelaskan di atas, dapat Anda install secara gratis di playstore.
Itulah beberapa aplikasi untuk blogging yang sangat powerful dan berkhasiat untuk blogger. Untuk Anda yang ingin tetap ngeblog namun jarang di depan PC, aplikasi di atas sangat bermanfaat dan layak untuk Anda install. So, di manapun Anda berada, blog Anda akan tetap update. Semoga rujukan di atas membantu!

21.36 - tanpa komentar