7 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

7 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan yang Luar Biasa - Beberapa manfaat kesehatan dari bengkoang mencakup kemampuannya untuk membantu Anda menjaga berat badan, mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah banyak sekali jenis kanker, meningkatkan energi, baik untuk penderita diabetes, dan menguatkan tulang. Selain itu juga berguna membantu meningkatkan sirkulasi, menurunkan tingkat tekanan darah, dan meningkatkan fungsi otak.

 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan yang Luar Biasa  7 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Bengkoang ialah homogen sayuran akar yang telah dipakai selama ribuan tahun sebagai unsur masakan dan zat yang bermanfaat secara medis. Di beberapa negara, bengkoang juga dikenal sebagai jicama atau lobak Meksiko. Dalam hal nama ilmiah, sayuran akar ini diklasifikasikan sebagai Pachyrhizus erosus.

Akar itu sendiri sanggup tumbuh sampai 2 meter panjangnya dan sanggup mencapai berat sampai 20 kg. Diperlukan antara 6-9 bulan waktu pertumbuhan dalam suhu hangat, menciptakan Meksiko dan daerah-daerah sekitar Amerika ideal untuk pertumbuhannya. Awalnya, kultivasi dimulai dari Meksiko kemudian merambah ke Filipina, kemudaian China dan menyebar keseluruh Asia Tenggara. Karena memang tempat Asia Tenggara yang beriklim tropis cocok untuk budidaya sayuran akar ini.

Bagian dalam bengkoang ibarat dengan kentang atau pir dalam hal konsistensi dan warna. Seperti kebanyakan sayuran akar, bengkuang tinggi pati. Bengkuang paling sering dimakan mentah, dibumbui dengan banyak sekali rempah-rempah atau jus buah, serta debu cabai. Bisa juga bisa dimasak dalam bentuk sup dan hidangan tumis, tetapi beberapa manfaat kesehatannya menurun jikalau diolah dengan cara tersebut. Sayuran ini juga merupakan salah satu materi perhiasan yang manis untuk ditambahkan ke banyak sekali salad dan lauk, atau kalau di Indonesia biasanya dijadikan gabungan rujak.

Sekarang, mari kita jelajahi elemen nutrisi yang menciptakan bengkoang bermanfaat untuk kesehatan.

Fakta Gizi Bengkoang

Yang menciptakan bengkoang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ialah sebab gabungan unik vitamin, mineral, fitonutrien, dan senyawa organik lainnya, termasuk serat makanan, vitamin C, vitamin E, folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein. Mari kita simak bagaimana kandungan nutrisi ini memberi manfaat untuk kesehatan yang luar biasa!

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Sayuran ini menawarkan banyak manfaat kesehatan yang meliputi:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sejumlah besar tembaga dan besi yang terkandung dalam bengkoang membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem sirkulasi, sebab kedua mineral tersebut ialah elemen penting dari sel darah merah. Tanpa komponen-komponen tersebut, orang yang menderita anemia dan juga menghadapi fungsi organ rendah yang membutuhkan darah segar dan oksigen berfungsi dengan baik.

2. Bagus untuk Pencernaan

Salah satu unsur terpenting dari bengkoang ialah tingginya tingkat serat masakan yang dikandungnya. Serat masakan membantu meningkatkan sebagian besar kotoran, sehingga membantu bergerak melalui jalan masuk pencernaan dan mengobati kondisi ibarat sembelit. Selanjutnya, bengkuang ialah sumber kaya serat larut yang disebut inulin oligofruktosa, yang merupakan karbohidrat manis, inert yang tidak dimetabolisme menjadi gula sederhana. Dengan kata lain, bengkuang atau jicama manis untuk penderita diabetes, mereka bisa menikmati masakan manis tanpa khawatir akan fluktuasi gula darah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Terdapat sejumlah besar jkandungan vitamin C yang ditemukan pada bengkoang. Dalam 100 gram mengandung sekitar 40% dari kebutuhan asam askorbat. Vitamin C ialah serpihan penting dari sistem kekebalan tubuh kita, sebab merangsang sel-sel darah putih yang merupakan benteng pertahanan awal melawan penyakit. Memerangi penyakit bakteri, virus, jamur atau patogenik sanggup dilakukan dengan menawarkan vitamin C ke tubuh Anda. Yang tidak kalah penting ialah potensi antioksidan dari vitamin C, khasiatnya sanggup membantu melawan kanker dengan menetralisir efek radikal bebas. Radikal bebas ditemukan di dalam tubuh sebagai jawaban dari metabolisme sel.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Sebagai sumber potasium yang kaya, bengkoang bisa mengatur tekanan darah, sebab sayuran akar ini ialah vasodilator dan bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga ampuh untuk menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular. Potasium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan melawan natrium di seluruh tubuh, sehingga menjaga tubuh kita terhidrasi dan berfungsi pada tingkat yang tinggi.

5. Bagus untuk Diet

Ternyata manfaat bengkoang juga manis untuk Anda yang sedang diet lho! Makanan rendah kalori sangat penting bagi mereka yang mencoba menurunkan berat tubuh atau diet, terutama dikala masakan rendah kalori itu juga dikemas dengan nutrisi dan serat masakan yang sanggup menciptakan Anda merasa kenyang. Bengkoang hanya mempunyai 35 kalori per 100 gram, dan sarat akan nutrisi serta serat. Sayuran ini juga merupakan kudapan yang sangat baik untuk mengurangi nafsu makan dan menahan rasa lapar tanpa menambah berat tubuh atau kehilangan manfaat nutrisi apa pun.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B6 telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan kemampuan kognitif, bengkoang mempunyai vitamin ini dalam jumlah yang signifikan. Selain itu, vitamin B6 merupakan serpihan integral dalam memecah protein menjadi asam amino yang sanggup digunakan. Hal tersebut akan memaksimalkan proses metabolisme dan efisiensi banyak sekali organ.

7. Menguatkan Tulang

Manfaat bengkoang untuk kesehatan yang terakhir ialah untuk menguatkan tulang. Mineral ibarat mangan, magnesium, besi, dan tembaga yang ditemukan pada bengkuang sanggup menjadi pendorong utama untuk kepadatan mineral tulang kita. Mineral ini sangat penting untuk membangun tulang gres yang besar lengan berkuasa dan menyembuhkan setiap kerusakan pada tulang yang ada. Ini berarti bengkoang juga manis untuk mencegah timbulnya kondisi ibarat osteoporosis, yang merupakan penyakit yang diderita oleh jutaan umat di dunia.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan | Manfaat Air Kelapa

Sungguh luar biasa bukan manfaat bengkoang untuk kesehatan! Mulai sekarang, jangan tinggalkan sayuran akar ini dalam daftar hidangan masakan sehat harian Anda. Semoga bermanfaat!

15.36 - tanpa komentar