Cara Daftar Google Adsense (Panduan Lengkap)

Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap) - Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Kini merambah ke banyak sekali macam media, menyerupai aplikasi Android, Blog dan Youtube. AdSense sangat diminati oleh para pengelola website, alasannya ialah mereka dapat membayar publisher per CPC (cost per click) cukup mahal. Tak heran banyak para blogger yang berusaha mati-matian demi dapat bergabung dengan raksasa periklanan ini.

Untuk bergabung bahwasanya tidak terlalu sulit, tapi juga tidak gampang. Yang harus dipastikan ialah website atau blog yang Anda kelola sudah berjalan baik (layak) dan siap untuk menampilkan iklan dari mereka. Selain itu juga website atau blog harus sesuai ketentuan dan kebijakan aktivitas AdSense. Pendaftar juga harus sudah berumur di atas 18 tahun dan sudah mempunyai KTP atau SIM. Kenapa harus punya KTP atau SIM? Ini berkaitan dengan verifikasi identitas yang dilakukan oleh pihak AdSense Indonesia. Kaprikornus per 2018 ini, semua akun yang sudah mencapai ambang notifikasi PIN akan dimintai verifikasi identitas berupa KTP, SIM atau Paspor sesuai dengan nama dan alamat dikala pendaftaran. Untuk lebih detail mengenai informasi ini, Anda dapat membaca: Cara verifikasi Identitas AdSense.

Cara Daftar Google AdSense

Saya rasa sudah banyak sumber yang menulis ihwal apa itu AdSense, dan mungkin Anda juga sudah mendengarnya. Pada artikel kali ini, Saya akan membahas ihwal bagaimana cara daftar Google AdSense untuk blog. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya:

Apa saja yang dibutuhkan:


  • Akun Gmail yang belum pernah didaftarkan AdSense sebelumnya. Jika Gmail belum diisi info tanggal lahir, isi dulu, bila belum diverifikasi No HP, verifikasi dulu.
  • Blog atau website yang sudah running dan domain sudah TLD (Top Level Domain com, net, id, dsb).
  • Umur sudah lebih dari 18 tahun dan punya KTP / SIM / Paspor.
  • No Handphone yang belum pernah dipakai untuk mendaftar AdSense sebelumnya (fresh).

Oh iya, cara daftar Google AdSense berikut ini ialah untuk akun non-hosted ya! Kaprikornus nanti Anda dapat pasang website yang berdomain TLD maupun subdomain (seperti blogspot.com). Lebih unggul dibanding akun hosted yang hanya dapat dipasang ekstensi domain blogspot.com saja.

Step by step:

1. Masuk ke link registrasi DISINI.

2. Isi alamat blog lengkap dengan http://www, isi alamat gmail yang ingin didaftarkan dan centang Yes. Save and Continue.

Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggar Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap)

3. Nanti Anda akan diminta untuk login ke Akun Gmail tersebut.

4. Setelah itu, periksa lagi alamat domain sudah benar atau salah. Kalau salah, Anda dapat mengubah dengan klik Change Info. Select country (pilih negara) Indonesia. Baca Terms of Service (TOS) nya dengan teliti hingga habis, centang kotak Yes, create account.

Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggar Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap)

5. Sekarang Anda sudah masuk dashboard AdSense, kemudian Get Started atau Anda dapat klik panah disamping samping untuk baca-baca.

Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggar Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap)

6. Langkah selanjutnya ialah isi nama dan alamat rumah Anda sesuai dengan Identitas, ini gunanya untuk proses pengiriman PIN verifikasi alamat. Contoh baris pertama untuk nama jalan, nomer rumah, RT dan RW, baris kedua untuk kelurahan dan kecamatan. City, isi kota atau kabupaten, State isi dengan provinsi (ada listnya) dan ZIP Code untuk arahan pos. Phone number isi dengan nomer HP. Lalu submit.

Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggar Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap)
Contoh pengisian alamat form registrasi AdSense. Nama & Alamat hanya ilustrasi

Anda pun dapat daftar akun bisnis, dengan mengganti kolom Individu dengan bisnis. Cuma Saya tidak akan jabarkan caranya disini.

Ada saran dari seorang pengantar pos, kalau dapat alamat dilengkapi dengan no HP, jadi pada baris alamat kedua tambahkan no HP pada final alamat. PIN ini sering tidak hingga dengan alasan alamat tidak jelas, bahwasanya selama arahan posnya benar, PIN itu masih disimpan di kantor pos. Cuma alasannya ialah alamat tidak jelas, maka surat itu kembali ke pos. So, kalau alamat rumah Anda memang sulit dijangkau pos, sebaiknya tambahkan saja nomer HP di baris kedua.

Mohon diperhatikan, isi form sesuai dengan dengan nama dan alamat tinggal yang tertera di KTP, jangan asal-asalan. Soalnya ini besar lengan berkuasa ketika verifikasi identitas nanti. Kalau nama & alamat tidak sesuai dengan identitas, verifikasi akan ditolak, bila sudah beberapa kali ditolak, akun dapat dibanned.

Jika No HP yang diinput di kolom phone number sama dengan No HP di Gmail, maka Anda tidak perlu melalui proses verifikasi nomer. Bila No HP berbeda dengan No Gmail, maka Anda harus melaksanakan verifikasi melalui SMS atau voice message.

7. Proses pengisian alamat sudah selesai, kemudian Anda dapat Copy kode yang diberikan AdSense ke blog Anda (nanti akan Saya beritahu caranya). Jika sudah, kemudian centang "I've pasted the code into my site". Done.

Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggar Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap)

8. Anda tinggal menunggu, proses pengajuan Anda sedang di review. Selama proses review, jangan lupa update konten Anda menyerupai biasa, Proses review ini biasanya hanya memakan waktu sehari, namun kebanyakan memakan waktu 3-5 hari, bahkan ada yang hingga berbulan-bulan.

Begitulah cara daftar Google AdSense, simpel bukan? Jika Anda sudah sepenuhnya disetujui, Anda akan mendapat email seperi gambar di bawah ini:

Google AdSense ialah aktivitas kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggar Cara Daftar Google AdSense (Panduan Lengkap)
Contoh email full approved

Cara Memasang Kode Google AdSense pada Blogger

Untuk yang memakai Blogger, ikuti cara berikut ini:

- Copy kode yang disediakan AdSense
- Masuk ke Blogger ===> Tema ===> Edit HTML. Sebaiknya backup dulu template Anda.
- Cari arahan <head> dengan memakai CTRL+F, kemudian paste tepat dibawahnya.
- Save.

Cara Memasang Kode Google AdSense pada Wordpress

Untuk pengguna Wordpress self-hosting, Anda dapat memakai 2 cara:

Cara 1, manual:

- Copy kode yang disediakan AdSense
- Masuk ke dashboard Wordpress ===&gt; Appearance ===&gt; Editor.
- Masuk ke header.php, kemudian cari arahan .
- Pastekan kode persis di bawah arahan tersebut.
- Save.

Cara 2, memakai Plugin:

- Copy arahan yang disediakan AdSense
- Install Plugin "Header and Footer Scripts".
- Masuk ke sajian Setting pada dashboard WP ===&gt; Header and Footer Scripts.
- Paste kode di kolom Header.
- Save Setting.

Kedua proses ini dilakukan sebelum Anda mencentang "I've pasted the code into my site" pada poin no 7. Kaprikornus ketika proses registrasi Anda buka 2 tab sekaligus. Sebenarnya dapat juga menyusul, cuma biar sekali jalan aja.

Kesimpulan

Sebenarnya cara daftar Google AdSense itu mudah, yang sulit ialah disetujui sepenuhnya... Ya..eyaaalahhhh. Sedikit saran saja, untuk kolom nama dan alamat Saya tekankan sekali lagi, jangan pakai nama atau alamat palsu, toh Anda tidak akan berbuat kriminal bukan? Karena itu akan besar lengan berkuasa pada dikala penerimaan PIN untuk verifikasi alamat dan juga verifikasi identitas. Dulu gak ada istilah verifikasi identitas di awal, kecuali kalau PIN tidak tiba hingga 3x, kini ada. Jika Anda gagal verifikasi Identitas selama beberapa kali, resikonya akun Anda tidak dapat tayang iklan, atau lebih parahnya di non-aktifkan.

Sebelum mendaftar, pastikan kondisi blog dalam keadaan bagus. Yang Saya maksud elok adalah, tidak ada konten yang melanggar, menyerupai judy, p^rno, dunlut ataupun konten yang isinya menebar kebencian. Usahakan tidak ada broken link (404),  bila ada segera atasi problem tersebut. Jangan lupa lengkapi juga blog dengan laman dasar, menyerupai about, privacy policy, disclaimer dan contact. Pastikan website Anda sudah didaftarkan ke Google Search Console, dan sudah sepenuhnya terindex oleh Google. Jika belum tau bagaimana cara mengindex, silahkan baca: Cara Menggunakan Fetch as Google.

Jika Anda sudah daftar kemudian ditolak, mungkin Anda harus membaca artikel: Cara semoga Diterima AdSense. Kalau alasan penolakan ialah alasannya ialah konten kurang oke, mungkin Anda dapat baca: Cara Mengatasi Konten Tidak Memadai.

Sekian tutorial singkat mengenai cara daftar Google AdSense, mohon maaf bila tutornya lompat-lompat dan tidak sempurna. Kalau ada yang kurang jelas, tanyakan saja di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

15.36 - tanpa komentar