Cara Meredam Emosi Kepada Anak

Cara Meredam Emosi Kepada Anak - Marah dan putus asa itu ialah hal yang manusiawi, setiap orang niscaya pernah mengalami momen tersebut. Entah itu dilema dengan kerjaan, hubungan atau hal lain. Namun bukan berarti emosi negatif tersebut sanggup menguasai diri Anda. Apalagi hingga keluarga yang menjadi imbasnya.

Salah satu hal umum yang dilakukan orang renta ketika emosi ialah berteriak atau membentak anak mereka, walaupun mereka hanya melaksanakan kesalahan sepele. Tentu emosi ibarat ini yang harus Anda hindari, sebab orang disekitar Anda terkena dampaknya. Hal ini sering banget terjadi, apalagi ketika kondisi kantor mengalami kekacauan, maka ketika di rumah anak yang menjadi sasaran kemarahan Anda.

Sebuah studi menunjukkan bahwa membentak atau berteriak pada Anak, justru akan menciptakan mereka lebih agresif, baik secara lisan maupun fisik. Ketika Anda berteriak, itu menciptakan anak takut dan merasa tidak aman. Dampak jangka panjang dari semua itu ialah kecemasan, anak menjadi rendah diri dan menjadi agresif.

 Marah dan putus asa itu ialah hal yang manusiawi Cara Meredam Emosi Kepada Anak
Gambar yang bikin tenang

Sebagai orang renta yang bijaksana, sebaiknya Anda lakukan beberapa tips di bawah ini, semoga Anda sanggup menjadi orang renta yang damai dan tak gampang tersulut emosi.

1. Pertimbangkan imbas negatif dari kemarahan

Sebelum Anda mengambil tindakan kepada anak, coba sejenak Anda pertimbangkan imbas jelek dari apa yang akan Anda lakukan kepadanya di masa akan datang. Mungkin dengan cara ini, emosi Anda sanggup mulai mereda.

2. Isitirahat sejenak

Beri waktu pada diri Anda sendiri (me time). Biarkan diri Anda beristirahat atau menyegarkan pikiran yang sedang emosi atau frustasi. Misalnya, ketika banyak dilema yang menciptakan Anda kesal di kantor, janganlah eksklusif pulang ke rumah, mungkin Anda sanggup mampir ke kawasan yang menciptakan Anda nyaman dan tenang. Ketika emosi sudah mulai reda, gres Anda pulang ke rumah.

3. Cari tahu penyebab kemarahan Anda

Dengan mencari tahu penyebab utama kemarahan Anda, maka Anda sanggup dengan segera mencari solusi untuk hal tersebut. Semakin cepat dilema selesai, semakin cepat emosi Anda berganti dengan kebahagiaan.

4. Menyegarkan diri

Mandi dengan air cuek ialah cara yang baik untuk meredam emosi Anda. Atau sanggup juga berendam dengan air hangat untuk menciptakan badan Anda rileks. Cara tersebut juga sanggup menurunkan emosi Anda.

5. Carilah solusi

Marah kepada anak menciptakan Anda merasa puas, sebab ibarat nafsu Anda terlampiaskan sepenuhnya. Daripada Anda harus membentak atau murka kepada anak Anda, lebih baik Anda diskusika untuk memilih jalan keluar terbaik, daripada Anda harus menang sendiri. Buanglah sedikit ego Anda!

6. Fahami situasinya

Sebelum Anda bereaksi, lebih baik pahami dulu kondisi dan situasinya. Setelah Anda mengetahui kebenarannya, Anda sanggup mencari solusi atas permasalahan tersebut, apakah harus memberi eksekusi pada anak, atau memaafkannya. Bijaksanalah dalam hal ini!

7. Pelajari teknik relaksasi

Coba pelajari teknik meditasi atau pernafasan sederhana, sebab kedua cara ini diklaim ampuh untuk meredam emosi secara cepat. Mungkin ketika amarah sudah melanda, Anda sanggup melaksanakan teknik relaksasi ini sebelum bertemu anak Anda.

Baca Juga: Manfaat Dongeng untuk Anak

Dengan membiasakan beberapa cara meredam emosi di atas, secara tidak eksklusif juga akan menciptakan Anda pribadi yang lebih damai dan tak gampang emosi. Semoga Bermanfaat!

21.36 - tanpa komentar