Gunakan Fetch As Google Sebagai Pengganti Submit Url

Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL - Beberapa hari yang lalu, Saya cukup terkejut saat ingin submit URL ke Google. Betapa tidak, alasannya ialah halaman tersebut sudah tidak sanggup dipakai lagi sebagaimana mestinya. Fitur submit URL Google telah dinon-aktifkan. Fasilitas add URL sendiri telah usang disediakan oleh pihak Google sebagai sarana untuk mengindex halaman dengan cepat. Dan banyak dari para blogger memakai halaman ini untuk mengindex halaman gres atau konten mereka.

Lalu bagaimana kalau kita ingin mengindex artikel baru?

Jangan khawatir, bahwasanya kalau Anda ingin meng-index halaman gres atau artikel gres blog, Anda sanggup submit melalui fitur "Fetch as Google" yang disediakan dalam webmaster (Google Search Console). Kalau dalam bahasa Indonesia disebut "Ambil sebagai Google".

Untuk memakai kemudahan ini, awalnya Anda harus mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console terlebih dahulu. Tutorial bagaimana cara mendaftarkan web ke Search Console ini sudah banyak beredar di Internet, Anda sanggup browsing sendiri.

Setelah Anda mendaftar, jangan lupa untuk submit sitemap.

Cara Menggunakan Fetch as Google

Berikut ini langkah-langkah gampang untuk mengindeks halaman / artikel gres Anda di Google Search Console memakai Fetch as Google:

1. Ketika properti sudah divalidasi dan sudah submit sitemap, Anda sanggup masuk ke Search Console ===> Crawl / perayapan ===> Fetch as Google. 

2. Lalu Anda tinggal masukkan URL dalam box yang tersedia (link belakangnya saja). Contoh site anda www.example.com/bla-bla-bla/, maka Anda hanya perlu tulis bla-bla-bla/ nya saja dalam search box tersebut. Setelah itu klik tombol  "Fetch" (ambil).

Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL  Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL


3. Kemudian sesudah Anda ambil, akan muncul tombol "Minta pengindeksan", klik tombol tersebut.

Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL  Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL


4. Anda sanggup memilih, ingin mengindeks halaman tersebut, atau sekaligus semua link yang berada pada halaman tersebut. Setelah selesai, isi captcha dan Kirim.

Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL  Gunakan Fetch as Google sebagai Pengganti Submit URL


5. Done!

Anda sanggup melihat hasil laporan pengindeksan kalau kllik link tersebut.

Dalam fitur fetch as Google ini, Anda sanggup menentukan "fetch" dan "fetch and render" (Ambil - Ambil dan Render). Fungsinya memang berbeda, namun secara garis besar tujuannya sama. yaitu untuk mempercepat pengindeksan. Biasanya, Saya selalu memakai fitur Fetch saja kalau ingin mengindeks artikel / konten baru, namun kalau Saya ganti template ataupun menciptakan blog baru, Saya memakai fetch and render, alasannya ialah kemudahan tersebut sanggup meng-crawl halaman secara keseluruhan, termasuk CSS dan Javascript gambar atau video.

Lalu, apakah Anda harus menentukan "Rayapi URL ini saja," atau "Rayapi URL ini dan link langsungnya," pilih saja opsi yang pertama, namun kalau dirasa ada beberapa link penting yang perlu Anda indeks dalam halaman gres tersebut, maka gunakanlah opsi "Rayapi URL ini dan link langsungnya," tujuannya untuk mempersingkat waktu, jadi Anda tidak perlu melaksanakan 2x proses.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Deskripsi Pada Blogger

Mungkin itu saja klarifikasi singkat mengenai cara memakai Fetch as Google sebagai ganti fitur Google submit URL. So, mulai sekarang, Anda hanya sanggup mengindex melalui kemudahan Google Serach Console saja. Semoga bermanfaat!

09.36 - tanpa komentar