Khasiat Timun Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Khasiat Timun untuk Kesehatan - Ketimun sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, apalagi ketika cuaca panas, lantaran buah ini sebagian besar mengandung air dan nutrisi penting yang baik untuk badan manusia. Daging mentimun kaya akan vitamin A, vitamin C, dan asam folat, sedangkan kulitnya mengandung serat dan aneka macam mineral termasuk magnesium, molibdenum, dan kalium.

Selain itu, mentimun mengandung silika, yaitu mineral yang sangat baik untuk memperkuat jaringan ikat. Timun dipercaya bisa menyembuhkan aneka macam dilema kulit, kantung mata dan terbakar sinar matahari. Mentimun juga mengandung asam askorbat dan caffeic yang mencegah kehilangan air, oleh lantaran itu buah ini sering dipakai untuk menyembuhkan luka bakar dan dermatitis.

 Ketimun sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan Khasiat Timun yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Mentimun ialah buah dari keluarga Cucurbitaceae, mempunyai nama ilmiah Cucumis sativus, masih kerabat akrab dengan semangka dan labu. Mentimun tumbuh secara merambat dan sanggup tumbuh di sepanjang tahun. Awalnya timun berasal dari India hampir 10.000 tahun yang lalu, tetapi kini dibudidayakan di banyak negara.

Dalam peradaban kuno Mesir, Yunani, dan Roma, mentimun sangat populer, lantaran kegunaannya tidak hanya sebatas sebagai makanan saja, tetapi banyak dikonsumsi lantaran khasiatnya bagus untuk kulit.

Apa saja Khasiat Timun untuk kesehatan?

Setelah kita tahu perihal mentimun, kini kita tinjau keuntungannya dari segi kesehatan. Berikut ialah beberapa khasiat timun yang begitu menakjubkan bagi kesehatan:

1. Perawatan kulit

Mentimun kaya silika, yang merupakan komponen penting untuk pengembangan jaringan ikat yang berpengaruh dan sehat pada otot, ligamen, tendon, tulang rawan, dan tulang. Selain itu, kandungan silika pada timun juga bagus untuk kulit.

Kandungan air yang tinggi pada buah ini mengakibatkan timun sebagai penghidrasi alami dan juga sanggup melembabkan kulit.

Ekstrak mentimun sering dipakai secara topikal untuk mengobati aneka macam jenis penyakit kulit ibarat terbakar sinar matahari dan menghilangkan kantung mata.

Asam askorbat dan caffeic ialah dua senyawa penting dalam mentimun yang mencegah hilangnya air dari tubuh. Ini ialah beberapa alasan mengapa mentimun sering menjadi obat oles untuk aneka macam dilema kulit. Selain itu, timun juga bagus untuk rambut dan aneka macam macam permasalahan pada kulit ibarat jerawat.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut perihal aneka macam manfaat timun untuk kecantikan, Anda bisa baca:


2. Mencegah Sembelit & Batu Ginjal

Mentimun ialah perpaduan tepat antara serat dan air, mengandung sekitar 96% air yang secara alami dimurnikan. Oleh lantaran itu, buah ini bagus untuk mencegah sembelit dan kerikil ginjal.

Timun juga merupakan sumber vitamin C, silika, kalium, dan magnesium yang baik, dimana semua kandungan tersebut mempunyai manfaat kesehatan masing-masing

Kulit mentimun mengandung kadar vitamin A yang tinggi, jadi Anda akan mendapat khasiat timun secara maksimal bila Anda memakan semuanya.

3. Mengontrol tekanan darah

Sudah bukan diam-diam umum lagi bahwa salah satu khasiat timun dipercaya sanggup menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan di DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) terdiri dari orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi magnesium, potasium, dan serat, menyimpulkan bahwa tekanan darah mereka turun ke tingkat normal. Tekanan darah mereka turun sebesar 5,5 poin (sistolik) lebih dari 3,0 poin (diastolik).

4. Menjaga kesehatan secara keseluruhan

Ketimun mempunyai sifat pembersih yang sangat baik, dan mereka secara aktif menghilangkan limbah dan racun yang terkumpul dari badan Anda. Buah-buahan ini sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi kandung kemih, ginjal, hati dan pankreas. Jus mentimun dengan jus wortel sangat efektif untuk kondisi rematik yang disebabkan oleh asam urat hiperbola di dalam tubuh.

Minum jus mentimun secara teratur juga membantu menyembuhkan asam urat dan eksim. Jika Anda mengalami dilema paru-paru atau perut, pastikan untuk menambahkan jus timun pada daftar sajian harian Anda.

Kandungan magnesium mentimun memastikan sirkulasi darah yang tepat dan menenangkan saraf.

Manfaat lainnya

Mentimun mempunyai tingkat basa yang tinggi, sehingga mengatur pH darah badan dan menetralkan keasaman. So, timun ini bagus dikonsumsi oleh penderita penyakit lambung.

Khasiat timun untuk kesehatan lainnya ialah membantu menormalkan suhu badan selama ekspresi dominan panas. Jus mentimun bersifat diuretik, sehingga bisa mencegah kerikil ginjal juga. Ini juga sanggup melawan imbas asam urat, yang mencegah peradangan dari kondisi ibarat radang sendi, asma, dan asam urat.

Ketimun sering menjadi lalapan pendamping bagi makanan goreng-gorengan, lantaran berfungsi sebagai antioksidan.

Walaupun rasanya hambar, namun jikalau melihat khasiat timun yang sangat menakjubkan untuk kesehatan ini, rasanya buah ini wajib jadi sajian andalan Anda setiap hari. Semoga bermanfaat!


15.36 - tanpa komentar