6 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Mudah

6 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Praktis - Kepercayaan diri itu sangat diharapkan oleh seseorang, apalagi kalau pekerjaannya bekerjasama dengan banyak orang, tentunya semakin banyak interaksi yang terjadi. Banyak orang yang mengalami krisis dogma diri, baik sebab memang sudah bawaannya ataupun sebab sesuatu hal yang membuatnya menjadi kurang percaya diri.

 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Praktis  6 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Mudah

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jika Anda sedang mengalami krisis atau sekedar ingin meningkatkan rasa percaya diri, yuk simak beberapa tips cara meningkatkan rasa percaya diri berikut ini:

1. Fokus Pada Keahlian

Jika Anda mengerjakan sesuatu yang bukan bidang keahlian Anda, tentu risikonya juga tidak akan sebaik ahlinya yang mengerjakan. Hal ini yang terkadang menciptakan Anda jadi merasa tidak percaya diri dengan hasil yang sudah Anda kerjakan. Untuk mengatasinya ada 2 cara:

  • Terus memperdalam keilmuan gres tersebut dan membutuhkan waktu lama
  • Tinggalkan dan tetap fokus pada keahlian yang Anda miliki

Yang paling praktis yaitu opsi yang kedua, sebab Anda tidak perlu mencar ilmu semuanya dari nol. Kalau Anda terus menekuni bidang yang Anda kuasai, tentunya ini kuat terhadap rasa percaya diri Anda. Sebaiknya tidak usah memaksakan sesuatu yang bukan bidang Anda, kalau hanya sekedar penasaran sih it's ok aja.

Tonjolkan keunggulan bidang yang Anda geluti, dengan cara itu maka dogma diri Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu.

2. Jangan Hiraukan Cacian

Berapa banyak orang yang menghina Anda? Hiraukan saja, cacian atau hinaan itu tidak akan menciptakan Anda bangkit, justru akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Fokuslah pada apa yang ingin Anda capai tanpa harus peduli apa kata orang, kecuali kalau berupa kritik atau saran yang membangun, maka wajib Anda dengarkan.

3. Sering Bersosialisasi

Jika Anda setiap hari kerjanya hanya depan komputer saja, maka sekali-kali wajib bagi Anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar Anda. Semakin Anda sering interaksi dengan orang banyak, maka semakin rasa percaya diri itu timbul, sebab Anda terbiasa interaksi dengan banyak orang. Prinsipnya "bisa sebab biasa".

4. Berfikir Positif

Mungkin awalnya Anda yaitu salah satu orang yang sangat percaya diri, sebab satu dan lain hal, Anda mengalami kemunduran rasa percaya diri. Memang itu hal yang masuk akal dan sangat manusiawi, cuma mau hingga kapan Anda larut dalam kesalahan masa lalu? Apakah Anda akan selalu berfikir jelek atas tindakan masa kemudian Anda? Percaya deh, itu gak akan mengubah keadaan sama sekali!

Cobalah untuk selalu membiarkan pikiran Anda positif, tanpa menawarkan ruang sedikitpun untuk berfikir negatif. Lupakan masa kemudian Anda, dan hilangkan beban pikiran yang negatif di masa lalu. Mulailah tatap ke depan dengan pandangan yang positif, apapun keadaannya, dengan cara itu perlahan rasa percaya diri Anda akan bangun lagi.

Keuntungan lain dari berfikir konkret adalah, Anda akan terus fokus dengan apa yang ingin Anda capai, tanpa ada keraguan sedikitpun. Ini juga akan menutup celah sifat pesimis dalam diri Anda.

5. Penampilan akan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dalam suatu program atau momen, jangan pernah Anda berpenampilan yang menciptakan Anda tidak nyaman. Jika Anda tidak nyaman, otomatis rasa percaya diri Anda juga menurun. Gunakanlah apa yang nyaman Anda pakai, dan berpenampilanlah yang Anda rasa paling keren berdasarkan Anda. Selain akan meningkatkan mood Anda, berpenampilan keren itu akan menambah dogma diri Anda.

6. Selalu Melihat Keunggulan Orang Lain

Kalau Anda selalu melihat keunggulan orang lain, kemudian apa yang akan Anda dapat? Kalau buat motivasi itu bagus, cuma kebanyakan orang makin usang makin membanding-bandingkan dengan dirinya sendiri. Ini yang menciptakan Anda jadi merasa minder, sebab merasa orang lain lebih hebat darinya. Padahal gak sepenuhnya benar lho!

Hentikanlah membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Perlu diingat, setiap orang itu dilahirkan secara spesial, gak ada yang sama satu dan lainnya. Begitupun kemampuannya, setiap insan niscaya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Coba fokus saja dengan apa yang Anda punya, kemudian bersyukur atasnya. Selama Anda masih mempunyai mindset orang lain lebih unggul dari Anda, maka selamanya Anda akan minder atau mundur. Percayalah dengan apa yang Kamu miliki!

Baca Juga: Cara Hijrah Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Mungkin itu saja 6 cara meningkatkan rasa percaya diri yang bisa Anda praktekkan. Semuanya akan berhasil kalau dilakukan, bukan hanya dibaca. Semoga bermanfaat!

03.36 - tanpa komentar