Apakah Rkt / Ctr Halaman Google Adsense Tinggi Berbahaya?

Apakah RKT / CTR Halaman Google AdSense Tinggi Berbahaya? - Banyak pertanyaan yang muncul seputar CTR / RKT. Banyak publisher AdSense yang takut bila RKT mereka melambung tinggi atau diluar batas kewajaran.

CTR yaitu Click Through Rate atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut RKT (Rasio Klik Tayang). Ini yaitu salah satu indikator rasio jumlah halaman yang dikunjungi dan berapa klik yang didapat. Tentunya semakin tinggi rasionya maka semakin bagus. Artinya taktik penempatan iklan Anda sudah sempurna dan bagus.

 CTR Halaman Google AdSense Tinggi Berbahaya Apakah RKT / CTR Halaman Google AdSense Tinggi Berbahaya?
(Gambar hanya ilustrasi)

Apakah RKT tinggi berbahaya?

Namun terkadang RKT kita melambung tinggi sekali, mungkin diatas 10%. Lalu Anda mulai ketakutan, apakah ini masuk akal atau tidak? Jawabannya tergantung. Tergantung sumber traffic Anda. Selama itu organik traffic atau pengunjung yang masuk ke web Anda lewat Search Engine (Mesin Pencari) menyerupai Google, bing atau Yandex, itu tidak masalah. Sekalipun CTR Anda diatas 20%. Malah bagus, berarti taktik yang Anda terapkan berhasil untuk menarik klik dari pengunjung.

Lain halnya bila traffic Anda berasal dari sumber yang tidak terang sperti bot, traffic berbayar dan lainnya, maka ancaman di depan mata. Sebenarnya walaupun RKT Anda rendah, tapi Anda mempunyai sumber traffic yang dihentikan Google, itu juga sangat berbahaya.

Bagaimana dengan traffic yang berasal dari media sosial?

Pengunjung yang berasal dari medsos itu manis juga dan tidak jadi masalah. Yang bermasalah kalau Anda bikin perhiasan di deskripsinya, seperti, "silahkan kunjungi web kami, dan jangan lupa klik iklan untuk perawatan website kami." Nah, deskripsi menyerupai itu yang menciptakan akun AdSense Anda dalam bahaya. Karena klik iklan yang dihasilkan menurut hasutan Anda dan bukan murni harapan pengunjung.

Kalau RKT Anda melonjak alasannya yaitu aktivitas sharing medsos menyerupai teladan kasus diatas, maka disable atau banned akun cepat atau lambat yaitu hal yang pasti. Sebaiknya tidak usah memaksa ataupun menyuruh pengunjung untuk klik iklan Anda. Hal ini juga berlaku bila perhiasan deskripsi di atas tercantum dalam blog Anda. Percayalah, Google yaitu perusahaan besar nan canggih yang gampang saja untuk mendeteksi sikap tersebut.

Ada juga yang memasang floating Ads (iklan melayang) untuk meningkatkan CTR, maka itu juga berbahaya, alasannya yaitu melanggar hukum AdSense dan cukup mengganggu kenyamanan pengunjung.

Loh, kan ada beberapa portal besar yang memasang floating Ads dan aman-aman saja?

Jangan disamakan, mereka sudah sanggup izin resmi dan menyandang status premium publisher dari Google AdSense. Syarat untuk jadi publisher premium ini juga berat, Anda sanggup baca disini.

Lalu berapa RKT halaman yang normal / wajar?

Sebenarnya untuk hal ini tidak ada patokan. Kebanyakan teman-teman Saya sesama publisher RKT nya berkisar antara 1-2%. Dan selalu berusaha untuk mengoptimalkan taktik untuk meningkatkan RKT mereka.

Bagaimana sih perhitungan RKT itu?

Gak usah dihitung, Anda sanggup lihat sendiri persentasenya di dashboard AdSense Anda. Cuma kalau mau menghitung, begini perhitungannya:
Klik yang masuk ÷ Jumlah halaman × 100.
Misal: Anda mempunyai 900 pv ada 11 klik yang masuk, maka 11/900 = 0,012 kemudian dikalikan 100, balasannya 1,2%. Itulah RKT / CTR Anda.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog | Cara Agar Diterima Google Adsense Dengan Mudah

Kesimpulan

Tidak usah takut bila sewaktu-waktu RKT Anda melambung tinggi, bila sumber kemudian lintas tersebut berasal dari Search Engine (organic traffic) maka akun AdSense Anda akan aman-aman saja. Cuma kalau ada sumber traffic yang tidak terang asal-usulnya, maka Anda wajib waspada dan sebaiknya copot iklan terlebih dahulu untuk mengatasinya, dan segera cari tau penyebabnya. Untuk itu sangat disarankan untuk memasang Google Analytic atau Histat pada blog Anda, untuk memantau kemudian lintas pengunjung web Anda. Semoga bermanfaat!

15.36 - tanpa komentar