Penyebab Iklan Adsense Tiba-Tiba Tidak Tayang Di Blog

Penyebab Iklan AdSense Tiba-Tiba Tidak Tayang di Blog - Menjadi publisher AdSense yaitu pujian atau sebuah pencapaian yang perlu disyukuri oleh seorang blogger. Karena ibarat yang kita tahu, untuk bergabung dengan raksasa periklanan tersebut bukanlah kasus mudah. Namun ketika sudah bergabung, terkadang ada saja hambatan yang dialami terkait dilema AdSense tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu hambatan yang akhir-akhir ini banyak dikeluhkan oleh para blogger, yaitu iklan AdSense yang tiba-tiba tidak muncul atau hilang. Padahal sebelumnya iklan tersebut tayang dengan tepat dan baik-baik saja. Dan kita juga tidak merasa ada yang salah dari blog kita.

Menjadi publisher AdSense yaitu pujian atau sebuah pencapaian yang perlu disyukuri ol Penyebab Iklan AdSense Tiba-Tiba Tidak Tayang di Blog

Penyebab Iklan AdSense Tidak Tayang

Jika Anda mengalami insiden tersebut, mungkin inilah beberapa penyebab yang menjadikan iklan AdSense Anda tiba-tiba tidak tayang di blog:

1. Akun dibanned (Disable) atau Suspend

Kalau Anda sedang cek performa iklan kemudian Anda mendapati iklan tidak tayang pada blog atau website Anda, segeralah cek e-mail akun tersebut. Karena penyebab paling umum iklan tidak muncul lagi biasanya lantaran suspend ataupun banned.

Jika suspend, maka iklan tidak akan tayang selama masa suspen (30 hari), sehabis itu maka iklan akan tampil dan berperforma baik kembali. Namun kalau banned (disable), iklan akan non-aktif selamanya, alias akun Anda tidak sanggup dipergunakan kembali. Anda tidak sanggup menayangkan iklan Adsense lagi.

Kalau Anda tidak mendapatkan e-mail apapun terkait banned atau suspend, maka kemungkinan ada penyebab lain. Silahkan baca terus artikel ini.

2. Banned domain

Kemungkinan selanjutnya yaitu terkait domain Anda. Jika sehabis mengecek email Anda tidak mendapatkan pesan mengenai pelanggaran, maka kemungkinan besar domain Anda kebanned.

Loh, padahal kemarin baik-baik saja kok, apa yang salah?

Perlu diketahui, terkadang banned domain itu sanggup terjadi sewaktu-waktu. Mungkin saja sebelumnya Anda pernah mempunyai akun AdSense yang terkait domain tersebut, kemudian akun disable. Ketika Anda mempunyai akun AdSense yang baru, kemudian Anda kaitkan lagi dengan domain itu, memang awalnya tayang, namun di tengah jalan tiba-tiba hilang sendiri. Cuma hal tersebut tidak mutlak, lantaran domain yang pernah terkait akun banned ada juga yang masih sanggup dipakai, dan sanggup tayang seterusnya.

Kejadian di atas itu yaitu pola saja. Berdasarkan pengalaman Saya dan beberapa mitra blogger, terkadang banned akun belum tentu banned domain, begitupun sebaliknya. Dan terkadang banned domain waktunya tidak bersamaan dengan banned akun, biasanya disable akun dulu gres domain. Bisa juga tidak banned domain sama sekali.

Jika diluaran sana banyak beredar tools mengenai cek banned atau blacklist domain, tolong jangam percaya. Tidak ada satupun yang akurat. Karena daftar blacklist ini hanya pihak AdSense yang mempunyai (rahasia eksklusif). Dan Saya yakin mustahil bocor.

Ada juga insiden domain yang dari awalnya sudah tidak sanggup menayangkan iklan AdSense. Padahal domain tersebut gres saja Anda beli dan masih perawan. Kalau Anda mengalami hal yang sama, kemungkinan itu yaitu expired domain. Dulunya domain tersebut pernah dibanned AdSense.

Hanya ada satu cara untuk mengetahui domain kebanned atau tidak, yaitu dengan coba memasang arahan iklan dan mengaitkan domain dengan akun AdSense lain. Mungkin Anda sanggup ikut JV, atau meminta tolong mitra yang punya akun AdSense untuk mengaitkan akun Anda hanya sekedar untuk mengetes tayang iklan. Jika iklan tidak muncul juga, maka fix domain Anda kebanned.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ibarat diatas, Anda sanggup baca: cara mengatasi blog yang dibanned.

3. Pelanggaran kebijakan

Bisa juga iklan tiba-tiba tidak tayang lantaran terkait pelanggaran pada blog Anda. Jika mengalami hal ini, biasanya pihak AdSense akan mengirimi Anda email terkait pelanggaran apa yang Anda buat. Misalnya dalam satu atau beberapa artikel Anda ada yang membahas hal-hal yang menjurus lendir, obat terlarang ataupun acara yang menghasut untuk melaksanakan kejahatan.

Pada beberapa kasus, jikalau pelanggaran konten sudah terlalu parah, maka hukuman disable yaitu ganjarannya. Namun jikalau hanya beberapa halaman / artikel yang ditemukan pelanggaran, maka hanya dibeberapa halaman itu saja yang tidak tampil iklan, selebihnya iklan tetap tayang. AdSense akan memberitahu Anda mana halaman yang terkait pelanggaran.

Cara mengatasinya yaitu dengan memperbaiki konten tersebut, atau hapus saja sekalian semoga aman.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: kebijakan konten AdSense.

4. Belum verifikasi identitas

Nah, dilema ini nih yang lagi banyak dikeluhkan oleh para blogger akhir-akhir ini. Ternyata selain sanggup menimbulkan pembayaran Anda ditangguhkan, belum verifikasi identitas juga sanggup berdampak pada tidak tayangnya iklan di blog Anda. Sekali lagi, tidak semua publisher mengalami hal ini.

Jika dahulu verifikasi identitas (KTP/SIM/Paspor) ini hanya berlaku ketika PIN gagal dikirim sebanyak 3x, maka tidak berlaku untuk tahun ini. Verifikasi wajib dilakukan diawal.

Pada awal tahun ini, semua akun yang sudah melewati batas ambang pin ketika tahun 2018 juga akan sanggup notifikasi verifikasi identitas. Untuk akun yang sebelumnya sudah verif PIN (dibawah tahun 2018) tidak dimintai verifikasi identitas lagi.

Ada beberapa masalah lantaran belum verifikasi identitas, iklan tiba-tiba saja tidak tayang. Setelah verifikasi barulah iklan tersebut tayang. Sekali lagi, belum tentu yang tidak ataupun belum verifikasi identitas iklannya tidak tampil, namun yang niscaya jikalau sudah ada notif tersebut, maka Anda wajib upload identitas diri yang asli. Karena jikalau tidak, Anda tidak sanggup mendapatkan pembayaran.

Verifikasi ini ada batasnya (3x upload), jikalau beberapa kali gagal atau ditemui identitas palsu (editan), atau juga tidak sesuai dengan profil akun Anda, maka resiko banned akun sudah menunggu. Berhasil atau tidaknya verifikasi akan diberitahu lewat email. Biasanya memakan waktu 1 hari kerja saja.

Sekedar saran saja, jikalau Anda gres ingin mendaftar AdSense, sebaiknya gunakanlah data diri yang sesuai dengan identitas resmi Anda. Isi formulir registrasi di awal dengan akurat, tanpa ada rekayasa nama ataupun alamat. Toh Anda tidak ada niat untuk melaksanakan hal yang aneh-aneh dengan akun Anda bukan? Kaprikornus jangan takut untuk menawarkan data diri orisinil Anda. Karena jikalau sudah terlanjur gagal verifikasi, maka itu gak ada obatnya.

Untuk lebih terperinci mengenai bagaimana cara verifikasi ataupun apa saja syarat-syaratnya, silahkan Anda baca: cara verifikasi Identitas.

Jika Anda sudah berhasil melaksanakan verifikasi tersebut, biasanya beberapa ketika kemudian iklan akan mulai tampil lagi, dan nantinya Anda sanggup mendapatkan pembayaran.

Disclaimer:

Semua klarifikasi di atas ditulis menurut kesimpulan, pengalaman pribadi serta mitra blogger lainnya dan bukanlah pernyataan resmi dari pihak Google AdSense. Karena segala penyebab iklan tidak tayang hanya Google saja yang paling tahu. Namun segala kebijakan-kebijakan telah ditulis dengan baik oleh pihak mereka. Tugas kita sebagai publisher hanyalah mematuhi kebijakannya. Lagipula, jikalau terjadi sesuatu pada akun Anda, itu bukanlah tanpa sebab, niscaya ada kesalahan dari pihak kita sendiri ataupun faktor eksternal lainnya. Artinya Google mengambil sebuah tindakan niscaya ada landasannya, tidak akan serta-merta.

Itulah klarifikasi singkat mengenai beberapa penyebab iklan tidak tayang pada blog Anda. Semoga klarifikasi di atas membantu.

03.36 - tanpa komentar