3 Cara Ampuh Menghafalkan Pekerjaan & Pelajaran

Menghafaladalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa, guru atau bahkan pekerja kantoran. Ada yang merasa hafalan itu mudah, namun banyak juga yang merasa bahwa hafalan itu sulit. Tapi sebenarnya kita hanya butuh cara untuk mengingat dengan baik. Berikut adalah teknik menghafal yang mudah dan sulit dilupakan!

1. Mnemonik, Teknik Memudahkan Ingatan

Konsep mnemonic menerjemahkan informasi ke dalam bentuk alternatif yang bisa memudahkan mengingat sesuatu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mnemonic berarti rumusan atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu. Mnemonic adalah kemampuan otak untukmenghubungkan kata-kata, ide, dan khayalan. Misalnya siswa harus mengingat 10 kata kunci berikut: Rusia, Amerika, Gajah, Pelawak, Api, Taj Mahal, Mesir, Hitam, Matahari, Laut. Kata-kata itu kemudian dikaitkan dengan teknik mnemonic.

2. Rhyming

Menempatkan informasi ke dalam sajak adalah cara lain untuk membuat lebih mudah untuk diingat. Contohnya adalah sajak yang membantu orang ingat berapa hari ada di setiap bulan:
>> 30 hari dalam bulan September, April, Juni, dan November.
>> Semua sisanya 31hari.
>> Kecuali Februari memiliki 28.
>> Namun dalam Leap Year memiliki 29.

3.Buatlah sebuah cerita
Untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi, trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Kita bisa bermain dengan imajinasi untuk tingkat yang lebih besar karena cerita tersebut dapat membuat kita nggak harus membatasi pikiran.

03.58 - tanpa komentar