6 Tips Jitu yang Terbukti Ampuh Mengatasi Sakit Gigi

Setiap orang pasti pernah setidaknya sekali dalam hidupnya mengalami sakit gigi. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan sakit kepala, gusi nyut-nyutan, hingga makan pun jadi terasa menyiksa. Jika Anda sedang sakit gigi, sebaiknya segera kunjungi dokter. Namun sementara itu, ada beberapa cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter. Apa saja? Simak berbagai pilihan obat sakit gigi paling ampuh dalam artikel ini.  Berikut obat sakit gigi alami yang harus Anda ketahui.

1. Kumur air garam

Umumnya dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apapun saat gigi Anda masih bermasalah. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan saat ini adalah menggunakan obat sakit gigi sampai akhirnya gigi Anda bisa ditindak oleh dokter. Nah, coba kumur dengan air garam sampai Anda merasa nyeri sudah sedikit membaik. Kumur air garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang patut Anda coba di rumah. Bahkan, beberapa orang menganggap jika air garam adalah obat sakit gigi paling ampuh untuk meredakan nyeri.

Sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda bisa melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitar area gigi yang sakit.

2. Kunyah bawang merah mentah

Bawang merah merupakan obat sakit gigi alami. Pasalnya, bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang bisa mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang nyut-nyutan. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang merah, letakkan irisan bawang merah mentah langsung di gigi yang sakit.

Selain bawang merah mentah, Anda juga bisa menjadikan bawang putih sebagai pilihan obat sakit gigi berlubang lainnya. Saat terkoyak oleh gigi, bawang putih akan melepaskan allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi sebagai pelawan penyakit. Hal ini dapat mengurangi rasa ngilu di gigi Anda.

3. Kompres es batu

Cara mengobati sakit gigi dengan es batu dapat dilakukan dengan cara  memasukkan es batu dalam plastik kecil, lalu bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda bisa tempelkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi berlubang. Pijat punggung tangan Anda dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

(Catatan: pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu, dan berikan tekanan di area antara jempol dan telunjuk.)

4. Cuka

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan menggunakan cuka dapur atau cuka apel. Pasalnya kedua jenis cuka ini mengandung properti antibakteri dan antimikrobial yang ampuh untuk meredakan sakit gigi.

Jika ingin menggunakan cuka sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda bisa berkumur-kumur tahan larutan cuka di daerah gigi yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang. Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada sebuah kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

5.Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh lainnya. Minyak ini disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, yang berperan sebagai anestesi alami.

Tapi, berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif.

Jadi, perhatikan baik-baik cara mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh berikut ini. Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda. Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tempelkan di gigi yang sakit sebagai pilihan alternatif untuk obat sakit gigi berlubang.

6. Daun jambu

Daun jambu merah bisa meringankan rasa ngilu di gigi karena sifat anti-radang, analgesik, dan antimikrobial yang terkandung di dalamnya. Cara mengobati sakit gigi satu ini adalah dengan mengunyah satu-dua lembar daun jambu sampai ekstraknya keluar. Setelah itu dengan lidah Anda raih gigi yang sakit dan oleskan ekstrak daun jambu tersebut.

Jika cara mengobati sakit gigi tersebut dirasa sulit, Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu sebagai pilihan lain. Diamkan larutan tersebut selama beberapa saat hingga dingin dan tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

Semoga bermanfaat ya bunda2 😊😊😊

04.02 - tanpa komentar