Penyebab Dan Perawatan Untuk Rambut Rontok

Rata-rata, orang kehilangan sekitar 10% rambut mereka selama fase istirahat. Kemudian setelah sekitar tiga bulan, rambut istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh. Fase pertumbuhan rambut baru biasanya berlangsung antara dua hingga enam tahun dengan rambut tumbuh sekitar setengah hingga satu inci per bulan. Yang menarik adalah bahwa sebanyak 90% rambut di kepala Anda tumbuh pada waktu tertentu.

Kerontokan rambut adalah proses normal. Bahkan, pada hari normal, Anda akan kehilangan sekitar 100 rambut meskipun lebih jika Anda benar-benar mengalami kerontokan rambut yang signifikan. Sekarang, rambut rontok biasanya dikaitkan dengan pria tetapi wanita juga bisa mengalami kerontokan rambut. Penyebab kerontokan rambut yang berlebihan bisa jadi beberapa hal. Sebagai permulaan, jika Anda telah menjalani operasi besar atau penyakit, Anda mungkin kehilangan lebih banyak rambut selama tiga bulan berikutnya daripada yang biasanya Anda lakukan karena stres.

Penyebab umum lainnya dari kerontokan rambut yang berlebihan adalah karena perubahan hormon dalam tubuh. Ini sendiri dapat berasal dari beberapa hal seperti memiliki bayi, berurusan dengan tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif, memiliki estrogen atau androgen yang tidak seimbang, dan sebagainya. Kemudian, obat-obatan jenis tertentu juga dapat menyebabkan rambut rontok. Dalam hal ini, begitu obat dihentikan, kerontokan rambut yang berlebihan biasanya juga berhenti. Penyebab paling umum termasuk pengencer darah, kemoterapi, vitamin A yang berlebihan, antidepresan, obat asam urat, dan pil KB.

Kemudian, jika Anda memiliki infeksi jamur pada kulit kepala, Anda mungkin juga menemukan rambut Anda rontok lebih dari biasanya. Akhirnya, penyakit yang mendasarinya juga bisa menjadi tantangan. Misalnya, jika Anda hidup dengan sesuatu seperti diabetes, lupus, atau penyakit autoimun lainnya, sering terjadi kerontokan rambut. Ingat, dengan meminum obat yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, pertumbuhan rambut umumnya kembali normal.

Meskipun beberapa jenis rambut rontok bersifat genetik, Anda juga dapat melakukan beberapa hal untuk membantu memperlambat atau menghentikan proses tersebut. Sebagai permulaan, hindari mengenakan rambut Anda di cornrows, ponytails, atau hot rollers, yang cenderung menarik dan meregangkan rambut ke titik kerusakan. Selain itu, jika folikel rambut menjadi meradang, kerontokan rambut yang berlebihan dapat terjadi. Dalam hal ini, rambut Anda dikeriting, diwarnai, atau dirawat dengan minyak panas bisa merusak. Kuncinya di sini adalah hanya, miliki rambut profesional, gunakan produk profesional dan aman.

Jika rambut rontok ekstrem dan Anda telah mencoba semua yang Anda tahu dari makan sehat hingga menggunakan produk perawatan rambut yang baik tetapi tidak ada yang berhasil, Anda mungkin mengunjungi dokter Anda. Pertama, dia akan melihat apa yang terjadi pada tubuh Anda untuk melihat apakah obat, infeksi, atau penyakit dapat menjadi masalah. Jika tidak, pemeriksaan darah dapat dilakukan untuk melihat lebih jauh kemungkinan penyebabnya. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin meresepkan obat tertentu seperti hormon untuk ketidakseimbangan atau antibiotik untuk infeksi. Selain itu, Anda akan menemukan sejumlah produk unggulan di pasaran yang dapat membantu mempertahankan jumlah rambut saat ini dan dalam beberapa kasus, membantu pertumbuhan kembali.

23.13 - tanpa komentar