Penyebab Umum Kerontokan Rambut

Penyebab Umum Kerontokan Rambut
Sangat alami bagi seseorang untuk kehilangan 50 hingga 100 rambut setiap hari di bawah proses pembaruan rambut tubuh. Tetapi sebagian besar orang setidaknya sekali seumur hidup menderita kerontokan rambut yang berat. Mungkin ada berbagai alasan di balik ini; seperti obat-obatan, kemoterapi, paparan radiasi dan bahan kimia tertentu, faktor nutrisi dan hormonal, penyakit tiroid, penyakit kulit atau stres, dll.

Dalam sebagian besar kasus, rambut rontok bersifat sementara tetapi dalam kasus-kasus tertentu mungkin permanen tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Beberapa penyebab kerontokan rambut yang paling umum dijelaskan di sini.

HORMONAL

Hormon merangsang pertumbuhan rambut dan menyebabkan masalah kerontokan rambut. Hormon sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut kita. Ini mempengaruhi kesehatan rambut pria dan wanita.

Penipisan rambut adalah salah satu masalah hormonal dan mempengaruhi pria dan wanita. Penipisan rambut pada pria adalah spesifik dan mengikuti pola dari depan hingga ke mahkota. Penipisan rambut pada wanita tidak mengikuti pola tertentu.

Penipisan rambut disebabkan oleh androgen DHT atau Dihydrotesterone. Setiap orang memiliki DHT tetapi hanya beberapa yang menderita masalah rambut, apakah Anda berkeliaran, mengapa? Ini berutang pada folikel rambut, yang memiliki lebih banyak reseptor androgen untuk dilampirkan oleh DHT. Hingga saat ini pengobatan yang paling efektif untuk masalah penipisan rambut adalah; anti androgen. Anti androgen adalah obat pencegahan yang mencegah pembentukan DHT. Di masa depan kita mungkin mendapatkan terapi gen untuk masalah penipisan rambut.
  
Persalinan

Banyak wanita mengalami kerontokan rambut setelah persalinan. Dalam situasi seperti itu, banyak rambut memasuki fase telogen atau istirahat. Beberapa wanita mengalami kerontokan rambut dalam dua hingga tiga bulan setelah melahirkan.

Masalah rambut karena kehamilan bersifat sementara dan dalam banyak kasus diberantas dalam waktu singkat, katakanlah 1 hingga 6 bulan. Ini terjadi karena beragam perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh selama kehamilan.

Pil KB

Betina yang diprogram secara genetik dengan Androgenic Alopecia, jika menggunakan pil KB pada usia yang jauh lebih muda mengalami kerontokan rambut. Androgenic Alopecia disebabkan karena berbagai perubahan hormon.

Wanita yang memiliki riwayat kerontokan rambut dalam keluarga mereka harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil pil KB. Jenis rambut rontok ini bersifat sementara dan dapat berhenti dalam 1 hingga 6 bulan. Tetapi dalam beberapa kasus, telah diperhatikan bahwa seorang wanita tidak dapat menumbuhkan kembali rambutnya yang hilang karena Androgenic Alopecia.
Diet yang kurang

Diet seimbang yang baik dan kaya akan beragam nutrisi juga penting untuk kesehatan rambut Anda. Orang yang makan lebih sedikit protein atau memiliki kebiasaan makan tidak teratur menderita kerontokan rambut. Secara umum untuk menghemat protein tubuh kita mendorong pertumbuhan rambut ke fase istirahat. Jika rambut Anda bisa dicabut dengan sangat mudah, maka ini mungkin karena kurangnya diet yang seimbang. Kondisi ini dapat diatasi dengan makan makanan yang kaya protein dan nutrisi penting lainnya.

Besi serum rendah

Jika beberapa orang mungkin tidak memiliki akses ke makanan kaya zat besi atau tubuhnya tidak cukup menyerap zat besi maka ini dapat menyebabkan masalah rambut. Wanita selama periode menstruasi lebih rentan kekurangan zat besi. Zat besi yang rendah dalam tubuh dapat dideteksi dengan tes laboratorium dan dapat diperbaiki dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan pil zat besi.

Penyakit atau Penyakit

Rambut rontok karena beberapa penyakit atau penyakit sangat umum, tetapi jenis rambut rontok ini bersifat sementara dan rambut yang hilang dapat tumbuh kembali. Penyakit seperti infeksi parah atau flu dan demam tinggi, penyakit tiroid dll dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Obat-obatan tertentu, perawatan kanker, dan penyakit kronis juga menyebabkan kerontokan rambut. Seseorang yang menerima operasi juga menghadapi masalah kerontokan rambut.

Namun, masalah kerontokan rambut dalam bentuk apa pun umumnya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bantuan profesional.

04.30 - tanpa komentar