3 Tips Detox Dalam Dunia Digital Saat Ini

Penggunaan ponsel dan gawai adalah hal yang tak dapat terhindarkan ketika ini. Masuknya urusan ini sudah merambah pada seluruh ranah di dalam kehidupan anda sehari-hari.

Kebiasaan ini bahkan menciptakan kita kadang tidak dapat jauh dari ponsel dan gawai ini pada kehidupan sehari-hari. Hal ini pada ketika ini telah dirasakan oleh sangat tidak sedikit orang.

Penelitian menjelaskan bahwa 20 persen siswa ketika ini menguras paling tidak lima jam masing-masing hari pada platform media sosial laksana Instagram, Facebook, dan Twitter. Penggunaan media sosial ini diketahui dapat merusak kesehatan mental dan memunculkan depresi serta kecemasan.

Penggunaan internet dan media sosial ini bahkan kadang sudah sampai tahap kecanduan. Cara termudah menanggulangi masalah ini ialah dengan mengerjakan digital detox.

1. Terapkan Batas Waktu

Menerapkan batas masa-masa dalam memakai media sosial merupakan tahapan kesatu untuk mengerjakan detoks digital. Dengan teknik ini minimal kamu dapat mengurangi penyampaian dan pemakaian media sosial.

Selain memberi batas durasi, anda juga dapat menerapkan jam berapa sampai jam berapa anda boleh membuka media sosial. Hal ini dapat diterapkan secara berbeda-beda tergantung kebutuhan.

2. Buat Tempat Bebas Media Sosial di Rumah

Menyediakan ruangan eksklusif di lokasi tinggal yang bebas media sosial laksana di kamar atau ruang keluarga dapat jadi teknik kedua guna dilakukan. Hal ini dilaksanakan untuk menambah interaksi antar anggota keluarga. Ketika di luar rumah, urusan yang sama juga dapat kamu lakukan pada diri sendiri untuk memberi batas pemakaiannya.

4. Cari Kesibukan Lain

Kesibukan yang dilaksanakan di media sosial seringkali dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi waktu luang yang dimiliki. Kamu dapat mencari kegiatan seperti bertemu rekan baru, mencari kegemaran baru guna menutupi masa-masa senggang yang anda miliki.

Tiga teknik tersebut dapat menjadi langkah mula yang anda lakukan guna detoks digital. Membatasi masa-masa pengguanaan media sosial ini bisa berfungsi baik pada dirimu maupun pada hubungan sosial dengan orang lain.

01.42 - tanpa komentar